Wednesday, August 31, 2011

Kerabat Terdekat Raptor

1. Burung Awal



Raptor berbagi banyak fitur dengan burung-burung awal (klade avialae atau Aves). Sifat yang tepat dari hubungan mereka dengan burung telah mengalami banyak penelitian, dan hipotesis tentang hubungan yang telah berubah sebagai sejumlah besar bukti baru menjadi tersedia. Pada akhir 2001, Mark Norell dan rekan menganalisis survei besar fosil coelurosaur dan menghasilkan hasil sementara bahwa raptor paling terkait erat dengan burung. 

Pada tahun 2002, Hwang dan rekan memanfaatkan karya Norell dkk, termasuk karakter baru dan bukti fosil yang lebih baik., Untuk menentukan bahwa burung (avialans). Lebih baik dianggap sebagai sepupu dari  raptor. 

 
Perbandingan forelimbs dari Deinonychus (kiri) dan Archaeopteryx (kanan), salah satu dari banyak kesamaan kerangka antara avians dan raptor.

Raptor berbagi banyak fitur dengan burung-burung awal (klade avialae atau Aves). Sifat yang tepat








Kemampuan raptor untuk terbang atau meluncur seperti kerabatnya yaitu Avian telah diusulkan untuk sedikitnya dua spesies raptor. Yang pertama, Rahonavis  (awalnya diklasifikasikan sebagai avian , tetapi  menjadi dromaeosaurid setelah penelitian selanjutnya). Ia mungkin mampu terbang bertenaga. Forelimbs dari Rahonavis lebih kuat dari Archaeopteryx, dan menunjukkan bukti bahwa mereka menanggung lampiran ligamen yang kuat diperlukan untuk mengepakkan penerbangan. Luis Chiappe menyimpulkan bahwa, mengingat adaptasi ini, Rahonavis mungkin bisa terbang, akan tetapi akan lebih ceroboh di udara dari burung modern.

Spesies lain dari raptor, Microraptor, mungkin telah mampu meluncur menggunakan baik dikembangkan sayapnya pada kedua depan dan kaki belakangnya. Sebuah studi 2005 oleh Sankar Chatterjee mengusulkan bahwa sayap Microraptor berfungsi seperti split level "biplan", dan bahwa hal itu kemungkinan digunakan dengan gaya phugoid meluncur, di mana akan meluncurkan dari tempatnya bertengger dan menukik ke bawah ke lekukan berbentuk 'U ', lalu angkat lagi untuk mendarat di pohon lain, dengan ekor dan sayap belakangnya membantu untuk mengontrol posisi dan kecepatan. Chatterjee juga menemukan bahwa Microraptor memiliki persyaratan dasar untuk mempertahankan tingkat penerbangan bertenaga selain untuk meluncur.





2. Troodontidae

Troodontidae adalah keluarga dinosaurus theropoda mirip burung dan juga salah satu keluarga dinosaurus  yang terpintar antara semua dinosaurus. Selama abad ke-20, fosil troodontid sedikit dan tidak lengkap dan mereka oleh karenanya beraliansi, pada berbagai waktu, dengan banyak garis keturunan dinosaurian. Penemuan fosil spesimen yang lebih baru, lengkap dan diartikulasikan (termasuk spesimen yang mempertahankan fosil bulu, telur dan embrio, dan remaja lengkap), telah membantu meningkatkan pemahaman tentang kelompok ini. Studi anatomi, khususnya studi tentang troodontids paling primitif, seperti Sinovenator, menunjukkan kesamaan anatomi mencolok dengan Archaeopteryx dan raptor primitif, dan menunjukkan bahwa mereka adalah kerabat yang terdiri dari clade disebut Paraves.
                                                                                                                       
: Zanabazar muda (salah satu  Troodontidae)

Troodontids adalah sekelompok theropod kecil sampai menengah (1-100 kg).Troodontid terbesar adalah Troodon, dan terkecil adalah Anchiornis, yang juga dikenal dengan dinosaurus non-avialan terkecil. Mereka memiliki kaki yang sangat panjang dibandingkan dengan theropod lain, dengan cakar besar, melengkung pada kaki mereka ditarik kedua, mirip dengan "cakar sabit" dari dromaeosaurid (raptor). Namun, cakar-sabit troodontids tidak sebesar atau melengkung seperti dalam kerabatnya(raptor), dan dalam beberapa hal kakinya tidak dapat menahan ke tanah dan ditarik kembali dalam posisi yang sama. Dalam setidaknya satu troodontid, Borogovia, jari kaki kedua tidak dapat ditahan jauh tanah sama sekali dan cakar itu lurus, tidak melengkung atau berbentuk sabit.  

Sunday, August 28, 2011

Saurornitholestes

Saurornitholestes yang berarti " kadal-burung percuri" adalah salah satu raptor yang berbulu. Sama seperti raptor lainnya Saurornitholestes memiliki kaki yang panjang dan ringan. Dan kedua kaki tersebut terdapat cakar-cakar melengkung dan tajam. Soal ukuran, Saurornitholestes mampu menyamai ukuran Velociraptor dan Dromaeosaurus. Saurornitholestes hidup di tempat dataran banjir dan habitat mirip rawa. Para ilmuwan belum mengetahui apa jenis makanan dari raptor ini, tetapi gigi Saurornitholestes yang ditemukan di bagian tulang sayap Pterosaur, mungkin Quetzalcoatlus. Ini menunjukkan bahwa Saurornitholestes adalah pemakan bangkai atau pemakan sisa-sisa hewan yang sudah mati.
 
Fakta Saurornithlestes : 
  • Panjang: sekitar 1,8 meter
  • Bobot: sekitar 13 kg
  • Masa hidup: Cretaceous Akhir, sekitar 76-71 juta tahun lalu
  • Tempat tinggal: Alberta di Kanada, Montana di Amerika Serikat dan New Mexico
  • Pemakan: Daging (Karnivora)

Thursday, August 25, 2011

Dromaeosaurus

Dromaeosaurus yang berarti "kadal perlari" adalah raptor yang pertama kali ditemukan. Fosilnya ditemukan di Alberta, kanada pada tahun 1914. Dromaeosaurus mungkin seukuran serigala tetapi, ukuran ekornya jauh lebih panjang. Tengkorak raptor ini sangat kuat disertai dengan moncong yang mendalam. Di dalam rahangnya terdapat gigi-gigi yang tajam, melengkung dan bergerigi. Berbeda dengan Deinonychus dan kerabat lainnya, Dromaeosaurus lebih mengandalkan gigitannya daripada cakar sabit miliknya. Gigitannya berguna untuk menghancurkan daging mangsa, kuat gigitannya tiga kali lipat dari Velociraptor.

Dromoaeosaurus
Fakta Dromaeosaurus :
  • Panjang: sekitar 2 meter
  • Bobot: 15 kg
  • Masa hidup: Cretaceous Ahkir, sekitar 76 -74 juta tahun lalu
  • Tempat tinggal: Amerika Utara bagian Barat dan Kanada, tepatnya di Alberta
  • Pemakan: Daging (Karnivora)

Tuesday, August 23, 2011

Pyroraptor

Pyroraptor adalah keluarga raptor yang kecil serta berbulu, mirip dengan kerabatnya yaitu Sinornithosaurus dan Microraptor. Tetapi kerabatnya ada sebelum Pyroraptor muncul. Ukuran cakar kaki pada Pyroraptor sekitar 6,5 centimter. Digunakan sebagai  senjata utama untuk berburu, dan mungkin Pyroraptor menggunakannya untuk memanjat pohon. Salah satu spesies raptor ini adalah Pyroraptor Olympius yang berarti "pencuri api Oimpiade". Arti nama tersebut diambil ketika salah satu fosil Pyroraptor ditemukan setelah kebakaran hutan.
 

Fakta Pyroraptor :
  • Panjang: panjang maksimal mencapai 2,4 meter
  • Bobot: 44 kg
  • Masa hidup: Cretaceous Akhir, sekitar 70 - 69 juta tahun lalu
  • Tempat tinggal : bagian selatan Prancis
  • Pemakan : Daging (Karnivora)

Sunday, August 21, 2011

Sinornithosaurus

Sinornithosaurus yang berarti "burung kadal dari Cina" adalah dinosaurus dari keluarga raptor yang berbulu. Sinornithosaurus hidup di Cretaceous awal yang membuat raptor ini paling awal dan primitif. Raptor ini memiliki tengkorak dan bahu yang mirip dengan Archaeopteryx dan burung awal lainnya, ini membuktikan bahwa raptor awal lebih mirip burung. Dan anehnya, Sinornithosaurus adalah dinosaurus berbisa yang pertama kali diidentifikasikan.
File:Sinornithosaurus.jpg

Fakta Sinornithosaurus :

  • Panjang: 90 centimeter
  • Bobot: 9 kg
  • Masa hidup:Cretaceous Awal, sekitar 125 - 122 juta tahun lalu
  • Tempat tinggal: Cina
  • Pemakan: Daging dan binatang kecil (Karnivora)

Thursday, August 4, 2011

Microraptor

  

Microraptor yang berarti "pencuri kecil". Seperti namanya, ukuran Microraptor itu mungil, mungkin seukuran kucing. Microraptor memiliki bulu-bulu terbang yang panjang yang membentuk permukaan mirip sayap pada lengan, ekor dan anehnya pada kaki juga. Microraptor dideskripsikan sebagai dinosaurus bersayap empat, dan para ahli berpendapat ia mungkin meluncur dari dahan ke dahan menggunakan lengan dan kakinya yang berbulu. Tubuhnya dilapisi bulu tebal, kipas berbentuk berlian pada ujung ekornya. Mungkin Microraptor menghabiskan seumur hidupnya di pepohonan.
Fakta Microraptor :
  • Panjang: dapat umbuh mencapai 80 centimeter
  • Bobot: 1 kg
  • Masa hidup: Cretaceous Awal, sekitar 125 - 120 juta tahun lalu
  • Tempat tinggal: Cina
  • Pemakan: Daging dan Binatang kecil (Karnivora) 

Apa Itu Raptor?


Raptor atau yang disebut juga Dromaeosaurid adalah keluarga dinosaurus dari Ordo Saurischia dan kelompok Theropod.
Dinosaurus raptor hidup di zaman Cretaceous awal sampai akhir sekitar 125 - 65 juta tahun lalu.
Raptor adalah pemburu yang gesit dari dinosaurus pemakan daging yang besar.
Raptor adalah dinosaurus yang sering berburu dalam kelompok. Raptor adalah pemburu yang mematikan, seberapa ukurannya. Dengan bekerja sama, raptor dapat membunuh mangsanya yang lebih besar. 

Raptor memiliki ciri-ciri yang mungkin tidak dimiliki oleh sebagian dinosaurus: 
  • Cakar besar berbentuk sabit di kakinya 
Berbeda dengan dinosaurus pemburu lainnya, Raptor memiliki cakar yang berbentuk seperti sabit yang digunakan untuk merobek daging mangsa. Raptor menyerang dengan tendangan. mereka menendang dengan cakar-cakar miliknya yang besar.
  • Tangan panjang dengan cakar tajam
Tangan raptor sangat panjang Masing-masing memiliki tiga jari yang kurus, melengkung dan tajam cakarnya digunakan untuk mencengkram mangsa yang ingin melarikan diri.
  • Ekor kaku dan panjang
Ekor raptor panjang dan kaku. Digunakan untuk keseimbangan saat mengejar mangsanya.
  • Ukuran raptor
Raptor memiliki ukuran yang bervariasi. Fosilnya menunjukan bahwa dinosaurus raptor itu kecil seukuran anak anjing. Yang lainya bisa sepanjang dua buah mobil, dan ada salah satu spesies raptor yang besarnya bahkan separuh pemakan daging besar seperti TyrannosaurusRex.
  • Penglihatan
Penglihatan predator-predator ini bagus. sebagian memiliki mata yang sedikit menghadap ke muka, menciptakan penglihatan binokular bagi hewan ini. 
  • Bulu
Fosil Raptor telah ditemukan bukti bahwa bulu melapisi tubuh mereka, serta adanya sayap yang telah berkembang. Ilmuwan memperkirakan raptor ini berdarah panas dan bulunya berfungsi untuk menjaganya agar tetap hangat. 
  • Otak
Kebanyakan raptor memiliki otak cukup besar untuk ukuran tubuh mereka. Ini menunjukkan bahwa mereka cukup cerdas dibandingkan degan dinosaurus lainnya.


 
Credit : halo dino
Posted by : Nugi @ theraptors-nugi.blogspot.com




Wednesday, August 3, 2011

Austroraptor


Austroraptor yang berarti "pencuri selatan" adalah salah satu Unenlagiinae terbesar yang pernah ditemukan. Berbeda dengan raptor-raptor lainnya, Austroraptor memiliki kepala yang memanjang dan gigi yang berbentuk kerucut. Bentuk seperti itu adalah bentuk yang dimiliki Spinosaur. Tangannya pendek serta kakinya tegap, dan ini juga tidak biasa bagi raptor. Ilmuwan percaya  Austroraptor adalah hewan ganas, sekelas dengan dinosaurus raksasa pemakan daging seperti Tyrannosaurs Rex. Dan seperti kebanyakan raptor, ia mungkin juga berbulu. Makhluk buas ini menjadi pemandangan menakutkan bagi semua dinosaurus, kecuali dinosaurus paling besar.

Austroraptor, M.Shiraishi
Fakta Austroraptor :
  • Panjang:  sekitar 5 meter
  • Bobot: 368 kg
  • Masa hidup: Cretaceous Akhir, sekitar 70 juta tahun lalu
  • Tempat tinggal: Argentina
  • Pemakan: Daging (Karnivora)

Deinonychus



Deinonychus yang berarti "cakar mengerikan", merupakan seekor raptor yang gesit, aktif dan ganas jika berburu. Deinonychus hidup di dataran banjir atau habitat mirip rawa. Kemungkinan juga ia hidup dan berburu bersama.  Senjata utama Deinonychus adalah tendangan menggunakan cakar sabit yang dimilikinya. Selain itu, tangan-tangannya berguna untuk mencengkram mangsanya. Otaknya dianggap besar untuk ukuran dinosaurus raptor, jadi kemungkinan cukup cerdas.

Image of a Buitreraptor gonzalezorum
Fakta Deinonychus :
  • Panjang: dapat tumbuh lebih dari 3 meter
  • Bobot: 59 - 73 kg
  • Masa hidup: Cretaceous Awal, sekitar 115 - 110 juta tahun lalu
  • Tempat tinggal: Amerika Serikat. Tepatnya di Montana, Wyoming, Oklahoma
  • Pemakan: Daging (Karnivora)

Velociraptor

Velociraptor, berarti "percuri cepat", mungkin merupakan raptor yang paling terkenal. Velociraptor bisa dikenali lewat tengkoraknya yang panjang serta moncongnya yang agak mencuat. Pada masing-masing sisi rahangnya terdapat 26 hingga 28 gigi berpenampang lebar, dengan bentuk bergerigi di bagian sisi belakangnya lebih banyak daripada yang depan. Para ahli menemukan bukti bulu yang ditemukan pada lengan atas Velociraptor, menunjukan mungkin mereka berbulu.

Fakta Velociraptor :
  • Panjang: 1,8 - 2 meter
  • Bobot: 15 kg
  • Masa hidup: Cretaceous Akhir, sekitar 80 - 70 juta tahun lalu
  • Tempat tinggal: Mongolia
  • Pemakan: Daging (Karnivora)

Utahraptor


Utahraptor yang berarti "predator utah". Mendapatkan nama tersebut karena sisa-sisa fosilnya ditemukan di Utah. Utahraptor memiliki cakar di masing-masing kakinya berukuran 24 sentimeter serta tangannya yang memiliki cakar dan giginya yang setajam silet, menjadikannya predator yang superhebat. Sendi jari kakinya membesar agar cakarnya bisa diangkat saat berlari. Seperti kebanyakan raptor, Utahraptor juga hidup dan berburu dalam kawanan. Kawanan Utahraptor mampu membunuh dinosaurus besar seperti Sauropod.


Fakta Utahraptor :
  • Panjang: tumbuh sampai 6 meter
  • Bobot: sekitar 700 kg
  • Masa hidup: Cretaceous Awal, sekitar 125 juta tahun lalu
  • Tenpat tinggal: Utah Amerika Serikat
  • Pemakan: Daging (Karnivora)